Jenis Artikel yang Harus Kamu Ketahui Dan Kuasai

5 Jenis Artikel yang Harus Kamu Ketahui Dan Kuasai

Menjadi penulis adalah pekerjaan yang menyenangkan, selain menghadirkan peluang Anda juga bisa belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Ada banyak jenis artikel website yang bisa Anda pelajari. Setiap jenisnya mempunyai teknik tersendiri agar para pembaca enak dan nyaman dalam membaca serta menyerap informasi yang diberikan.

Kalau dilihat dari jenis artikelnya sendiri ada 5 yang bisa Anda pelajari. Mulai dari narasi, argumentasi, deskripsi, persuasi, dan eksposisi. Dalam satu pembuatan artikel, bisa saja kelima jenis ini masuk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, kalau digunakan untuk penjualan.

Jenis-Jenis Artikel Website yang Dibutuhkan

Tidak hanya 5 jenis di atas saja, dalam sebuah artikel bisa dikembangkan menjadi beberapa jenis lagi. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan sebuah perusahaan atau klien. Berikut ini, beberapa jenis artikel website yang sering dicari.

Jenis Artikel Website Listicle

Jenis artikel website pertama adalah bentuk listicle. Teknik penulisannya pun tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengumpulkan minimal 5 hal yang unik dan menarik. Setelah Anda temukan hal tersebut, Anda bisa dijabarkan dengan bahan yang Anda punya. Bisa melalui pengalaman pribadi atau juga mengambil referensi dari buku lain.

Salah satu contoh listicle yang bisa Anda pelajari adalah artikel yang sedang kami tulis ini. Berisi 5 bahasan dan informasi agar para pembaca bisa menangkap informasi yang ingin disampaikan. Saat ini, banyak media online menggunakan artikel listicle seperti ini.

Jenis Artikel Website Product Review

Saat ini, banyak sekali produk-produk baru bermunculan. Mulai dari alat kesehatan, minuman, handphone, laptop, peralatan traveling dan masih banyak lagi. Dalam artikel product review, Anda dituntut untuk bisa memberikan informasi kepada pembaca tentang sebuah produk.

Tidak hanya barang saja melainkan, juga jasa yang diberikan kepada masyarakat. Tujuan dari artikel ini agar para pembaca percaya dan membelinya. Hanya saja, Anda harus berani memberikan review jujur tentang kelemahan produk tersebut. Bukan hanya mengejar untung semata. Itulah tantangan pembuatan artikel ini.

Jenis Artikel Website Studi Kasus

Artikel ini lebih ke pengalaman pribadi Anda dalam menggunakan produk atau jasa. Hanya saja, pengalaman yang Anda tulis harus bisa dipertanggung jawabkan. Agak sulit memang dalam membuatnya. Tetapi, kalau Anda bisa membuatnya, banyak peluang akan berdatangan.

Banyak pembaca lebih senang dan percaya dengan penulisan pengalaman pribadi daripada hanya sekedar opini. Jadi, sebelum menulisnya pahami benar tentang risiko yang akan terjadi setelah terbit.

Jenis Artikel Website How To

Jenis artikel website ini juga banyak dicari oleh beberapa perusahaan. Karena, Anda harus menulis bagaimana caranya melakukan sesuatu. Sebagai contoh, bagaimana cara memasak telur dengan baik. Anda harus bisa menjelaskan langkah-langkahnya dengan sangat detail dan menjadi solusi bagi orang banyak.

Biasanya, artikel how to akan disisipkan gambar dalam setiap sub judulnya. Jadi, pembaca bisa memahami apa yang diinformasikan. Oleh karena itu, gunakan foto dengan kualitas bagus dan tanpa terkena copyright. Lebih bagus lagi bila foto tersebut hasil jepretanmu sendiri.

Jenis Artikel Website Storytelling

Terakhir adalah storytelling, dimana jenis ini sedang dicari apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Anda wajib menceritakan sebuah kejadian dan menggambarkan apa yang Anda rasakan. Sebagai contoh, saat disuruh dirumah saja ada peluang bisnis yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi jenis artikel website. Tetapi, untuk saat ini setidaknya 5 jenis di atas yang bisa Anda pelajari dengan benar. Baik dari gaya penulisan, teknik, dan tata cara agar bisa memikat para pembaca. Jangan pernah berhenti belajar, karena Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar hanya dari menulis.

About the author