Pesona Keindahan Hamparan Bebatuan di Pantai Penyabong

Pesona Keindahan Hamparan Bebatuan di Pantai Penyabong

Pantai Penyabong berlokasi di sebelah selatan Belitung, kawasan Membalong, merupakan salah satu pantai yang indah dan patut Anda kunjungi. Pantai yang dikenal memiliki banyak batu-batuan granit ini, bisa menjadi objek wisata pilihan Anda jika sedang berlibur ke Pulau Belitung. Perjalanan menuju ke Pantai Penyabong melewati jalan tanah yang cukup panjang dan berliku.

Selama perjalanan, Anda akan melihat hamparan pepohonan hijau dan pemandangan bukit-bukit yang indah. Di pinggir jalan sebelum tiba di Pantai Penyabong, Anda akan disambut dua buah batu granit berukuran sangat besar, yaitu Batu Baginde yang sudah berdiri kokoh sejak lama.

Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda juga akan disambut pepohonan buah-buahan di kanan kiri jalan. Pepohonan seperti rambutan, jambu dan manggis yang berada di depan halaman rumah penduduk memberi kesan yang menyenangkan.

Di Pantai Penyabong Anda akan melihat hamparan bebatuan granit yang besar dan banyak mengelilingi pesisir pantai. Ombak di pantai ini cukup besar. Untuk menyaksikan pemandangan pulau-pulau yang berada di tengah laut, Anda dapat menaiki bebatuan granit. Selain pulau, Anda juga dapat menikmati pemandangan laut lepas yang menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung

Pantai Penyabong

Pulau Belatuk merupakan salah satu pulau yang bisa Anda lihat di pantai ini. Dengan bentuk memanjang dan ditumbuhi pepohonan hijau yang lebat, menambah keindahan Pantai Penyabong. Kesejukan yang dapat Anda rasakan apabila berada di pantai ini, serta hembusan angin dapat memberi ketenangan bagi Anda yang berkunjung.

Sejarah Pantai Penyabong

Asal-usul nama “penyabong” berasal dari kata “penghubung”. Nama tersebut tercipta berdasarkan hamparan bebatuan granit yang berada di sepanjang pantai. Bebatuan tersebut saling terhubung satu sama lain.

Legenda mengenai Batu Baginde juga menjadi hal menarik bagi sejarah Pantai Penyabong. Hal ini menjadi awal mula terbentuknya Pulau Belitung. Konon, dahulu terdapat potongan Pulau Bali yang hanyut hingga ke Sumatera. Sehingga pulau ini dinamakan Belitong, yang berasal dari Bali Terpotong. Kemudian berubah nama menjadi Belitung.

Fasilitas Pantai Penyabong

Untuk mengunjungi pantai cantik ini, Anda tidak perlu takut dibebani biaya tiket masuk. Tidak ada biaya yang harus ditanggung untuk melihat keindahan pantai ini. Meskipun berlokasi cukup terpencil dan cukup sulit digapai, keindahan pantai dapat membuat rasa lelah anda terbayarkan.
Berbagai fasilitas tersedia di pantai ini. Terdapat toilet serta tempat bilas bagi Anda para pengunjung yang suka berenang di pinggir pantai. Selain itu, juga terdapat mushola bagi umat muslim yang beribadah. Anda tidak perlu takut kelaparan, di dekat pantai terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, air kelapa, bahkan aneka ragam makanan seafood.

About the author