Tetap Asah Skill Sepakbola Mu di Tengah Corona

Tetap Asah Skill Sepakbola Mu di Tengah Corona

Di tengah wabah corona ini tentunya kita harus bisa menjaga jarak dari kerumunan dan mengurangi aktifitas kita di luar rumah. Alhasil banyak kegiatan bermain bersama dengan teman-teman yang harus ditunda dahulu, salah satunya adalah kegiatan kita dalam bermain sepak bola.

Berbagai pertandingan liga sepakbola di berbagai negara terpaksa harus dihentikan demi mencegah para pemain, official, panitia pertandingan dan penonton tertular virus corona. Walau banyak halangan untuk bisa berada di luar rumah dan bermain sepak bola dengan teman mu di tengah pandemi corona ini, jangan sampai membuat stamina dan skill bermain sepak bola mu ikut menurun.

Ada beberapa tips untuk bisa menjaga stamina dan skill bermain sepakbola mu, sekaligus menambah kebugaran mu agar kesehatan dan antibodi mu tetap baik dengan berlatih secara mandiri.

1. Melakukan Jogging ringan di sekitar halaman rumah

Kamu bisa menjaga stamina berolahraga dengan melatih fisik berlarimu di dalam halaman rumah, dengan berlari bolak balik kamu bisa menjaga stamina mu tetap baik asalkan tetap menjauhi kerumunan, tidak menyentuh benda-benda ditempat umum, memakai masker, dan selalu mencuci tangan dan anggota tubuh lainya setelah beraktifitas diluar ruangan.

Menurut Albert Ko, ahli epidemiologi Yale School of Public Health, selama belum dilarang oleh pemerintah olah raga diluar ruangan dengan menjaga jarak aman, memakai masker dan tetap menjaga kebersihan masih terbilang aman. Dengan jarak yang aman kamu bisa memulai sprint dengan jarak yang tidak jauh dari rumah, sembari sesekali melakukan lari-lari kecil di tempat.

2. Melakukan latihan Juggling

Selama masa pandemi corona kamu masih bisa bermain dengan si kulit bundar dengan cara berlatih juggling. Hal yang perlu kamu siapkan adalah sepatu bola, ruangan atau tempat yang luas, dan sebuah bola.

Kamu bisa memulianya dengan berbagai teknik yaitu satu kaki ataupun dua kaki. Secara perlahan hitung berapa jumlah juggling kamu sebelum bola menyentuh tanah. Semakin fokus dan giat berlatih tentunya skill dalam memainkan si kulit bundar membuat kamu tenang dan percaya diri saat memegang bola saat pertandingan nanti.

Kamu juga bisa melatih beberapa trik jugling kamu dengan berbagai gaya bebas, seperti memutar kaki, Juggling dengan satu kaki, menempatkan bola dengan diam di kepala dan lainnya.

3. Melatih keakuratan shooting

Kamu bisa menggunakan sebuah tembok kosong, yang diberi beberapa tanda sasaran untuk latihan menembakan tendangan bola mu. Cara ini cukup mudah tinggal tempel sasaran di tengah tembok, yang kosong di tengah ruangan atau halaman yang aman dari benda-benda pecah belah, ambil jarak menembak, lalu coba lah beberapakali mengenai sasaran dengan bola.

Pantulan bola dari tembok dapat membuat kamu tidak perlu repot-repot jauh-jauh mengambil bola hasil tendanganmu.

4. Melakukan Dribbling bola

Kamu bisa menempatkan beberapa cone di halaman rumah ataupun dalam ruangan yang aman dan luas, dengan jarak 50cm-90cm secara berbaris. Setelah itu kamu bisa latihan membawa bola secara zig-zag melewati cone-cone yang telah disusun tanpa menyentuh dan menjatuhkan cone yang telah disusun tadi.

5. Belajar strategi sepakbola lewat game

Di tengah pembatasan sosial saat pandemi, kamu bisa nih memainkan beberapa game strategi sepak bola di ponsel ataupun komputer. Salah satunya adalah berlatih mengatur tempo permainan pada game PES atau Fifa football game.

Lewat game tersebut kamu bisa mengatur berbagai cara strategi yang terbaik untuk memenangkan suatu pertandingan. Lewat video game kamu juga bisa melatih ketenangan, konsentrasi, dan ketepatan saat bermain sepakbola dan bisa kamu terapkan saat bermain secara sungguhan.

Demikian tips n tricknya, tetap jaga jarak dan kesahatan setelah beraktifitas olahraga, dan selalu menjaga kebersihan badan saat setelah beraktifitas.

About the author