Tips Optimalkan Website dengan Konsep Internal Link

Tips Optimalkan Website dengan Konsep Internal Link

Link yang digunakan pada penulisan artikel SEO sendiri ada dua, yaitu link internal dan link eksternal. Penggunaan tersebut berfungsi untuk mendapatkan peluang lebih banyak untuk menuju ke halaman tertentu di mesin pencari.

Karena mesin pencari memiliki algoritma sendiri, dimana algoritma dalam suatu mesin pencari akan melihat tingkat pengunjung/pembaca dari website tersebut. Namun pada artikel ini hanya akan membahas mengenai konsep internal link.

Internal link sendiri merupakan tautan yang dicantumkan dalam tulisan yang merujuk pada halaman atau artikel lain yang masih dalam satu lingkup website. Pencantuman internal link tersebut berguna untuk memperbaiki tatanan struktur suatu website, membuat pengunjung/pembaca menjadi betah, serta mempermudah masuknya artikel baru dalam mesin pencarian utama.

Anchor Text

Hal penting yang berkaitan dengan internal link yakni penggunaan anchor text. Anchor text sendiri merupakan kata yang mengarahkan pada website lain, dengan memiliki ciri-ciri tertentu seperti penulisan yang dicetak miring, pemberian warna, maupun penggunaan garis bawah. Anchor text tersebut sendiri juga memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Dalam pembagian anchor text sendiri antara lain :

  • Generic anchor text. Anchor text pada jenis ini merupakan jenis yang banyak digunakan. Dalam penggunaan anchor text jenis ini yaitu dengan menggunaan kata perintah seperti “klik di sini”, dll.
  • Branded anchor text. Dalam jenis ini penggunaan nama brand merupakan hal utama untuk dilakukan. Kelebihan dari branded anchor text ini yaitu mampu menguatkan pondasi dari artikel SEO serta merupakan anchor text yang paling aman jika dipakai.
  • LSI anchor text. Anchor ini merupakan anchor yang menampilkan kata yang masih sesuai dengan keyword utama. Anchor jenis ini digunakan untuk menjadikan keyword utama lebih kuat, selain digunakan untuk anchor text.
  • Partial match anchor text. Anchor ini berfungsi untuk memperbaharui keyword pada artikel yang dicantumkan.
  • Exact match anchor text. Merupakan tautan dengan penggunaan keyword sama dengan kata yang disematkan.
  • Naked anchor text. Naked anchor ini merupakan anchor yang menunjukkan linknya secara langsung.
  • Image anchor text. Untuk anchor yang satu ini digunakan untuk postingan berupa gambar yang di dalamnya disematkan suatu link.

Menentukan Referensi Internal Link Ideal

Konsep internal link berikutnya adalah dalam hal menentukan sumber internal link ini dapat dimulai dengan mencari referensi artikel yang akan digunakan sebagai internal link. Dalam melakukan pencarian tersebut dapat menggunakan tools yang tersedia secara online seperti google analytics, ahrefs, maupun dengan menggunakan google search consol.

Lalu dengan wesite tersebut, pemilihan artikel dapat dilakukan dengan mencari data yang memiliki jumlah klik yang paling banyak untuk dijadikan sebagai referensi internal link yang ideal. Hal tersebut memiliki keuntungan sendiri bagi website untuk dapat menaikkan power tersendiri. Terlebih dengan meggunakan link internal yang relevan untuk digunakan sebagai acuanya.

Mengetahui Bagaimana Peran Silo Struktur

Hal berikutnya yang perlu diketahui dalam konsep internal link sendiri adalah dengan mengetahui silo struktur. Silo struktur ini merupakan cara menghubungkan internal link antar satu artikel dengan artikel lain yang masih berada di satu website, dengan cara mengelompokkan artikel tersebut pada satu topik bahasan yang sama.

Penggunaan silo struktur sendiri memiliki beberapa kelebihan antara lain, mendapatkan rangking lebih mudah, kesesuaian topik, terutama bagi artikel baru yang akan mengalami percepatan dalam penaikkan index, serta tidak membutuhkan banyak blacklink yang akan digunakan untuk memberi rangking pada suatu topik.

Namun penggunaan silo struktur ini bukan merupakan hal yang wajib, hanya saja memiliki banyak keuntungan jika artikel menerapkan silo struktur ini. Bagi yang tidak berkenan menggunakan silo struktur ini namun menginginkan hasil bagus bisa dengan penggunaan link yang cukup relevan. Demikian penjelasan mengenai tips optimalkan website dengan konsep internal link, semoga dapat memberi ilmu bagi para pembacanya.

About the author