United, City, Wolves Bisa Tunda Premier League 2020-21

United, City, Wolves Bisa Tunda Premier League 2020-21

Jelang berakhirnya musim 2019-20, jadwal Premier League 2020-21 telah resmi diumumkan. Klub tampaknya tidak punya terlalu banyak waktu untuk bersiap seperti pada musim-musim sebelumnya.

Adapun pertandingan terakhir Premier League 2019-20 berlangsung pada 26 Juli dan final Piala FA pada 1 Agustus. Setelah itu akan ada jeda selama tujuh minggu sebelum musim reguler dimulai.

Premier League 2020-21 Segera Dimulai

Jumat (24/7/2020) lalu, FA mengumumkan bahwa Premier League 2020-21 akan dimulai 12 September mendatang. Musim kompetisi juga dibuat lebih padat, di mana pertandingan terakhir digelar pada 23 Mei 2021.

Pihak pengelola Premier League terus berkoordinasi dengan EFL dan FA terkait jadwal domestik. Yang jelas 2020-21 akan menyuguhkan jadwal padat bagi klub-klub kasta tertinggi Liga Inggris. Ini terkait dengan penjadwalan ulang Piala Eropa, yang rencananya berlangsung musim panas mendatang.

Dilansir dari The Daily Mirror, FA sebenarnya mendukung musim baru diawali bulan Agustus. Pasalnya, UEFA Nations League juga akan dimulai lagi September nanti, di mana Timnas Inggris dijadwalkan menghadapi Islandia dan Denmark pada awal bulan.

Normalnya, klub-klub Premier League memiliki jeda selama tiga bulan dari akhir musim sebelumnya ke musim baru. Namun kini mereka harus bergegas dalam mempersiapkan tim.

Kelonggaran untuk United, City dan Wolves

Situasi sekarang akan menjadi sulit bagi tiga klub Premier League karena masih bertanding di kompetisi Eropa pada bulan Agustus.

Manchester United, Manchester City dan Wolves, masing-masing masih berpeluang tampil hingga beberapa pertandingan lagi di Eropa. Itu artinya mereka memiliki waktu jauh lebih singkat dibanding klub-klub rivalnya untuk menghadapi musim baru.

Wolves, yang menjalani debutnya di Eropa, berpeluang masuk ke perempat final Liga Europa. Begitu pula dengan Manchester United, yang satu kakinya sudah berada di perempat final berkat kemenangan 5-0 atas LASK di leg pertama.

Jika keduanya sama-sama melenggang ke partai puncak, artinya kedua mereka masih harus bermain hingga 21 Agustus. Sementara City bermain di Liga Champions, di mana babak finalnya berlangsung pada 23 Agustus.

Setelah itu jadwal klub juga terganggu dengan berlangsungnya UEFA Nations League pada awal September.

Dilaporkan The Telegraph, kabarnya United, City dan Wolves akan mendapat kelonggaran waktu selama satu minggu. Itu artinya mereka baru akan menjalani debutnya di Premier League musim 2020-21 mendatang pada 19 September.

Pembatasan Perjalanan Masih Berlaku

Sementara musim kompetisi baru segera dimulai kembali, pembatasan perjalanan masih berlaku di beberapa negara. Perlu kejelasan apakah para pemain dapat pulang ke negara asal mereka saat ingin membela Tim Nasional. Pasalnya, protokol kesehatan COVID-19 adalah seseorang harus mengisolasi diri selama 14 hari.

Peraturan-peraturan baru perlu dibuat supaya energi para pemain tidak habis dikuras oleh jadwal yang terlalu padat. Namun setidaknya sekarang penggemar sudah tahu kapan mereka dapat menyaksikan Premier League 2020-21.

About the author